Skip to main content

Biro Statistik Wakanda Akan Dibubarkan

Gambar : Bendera Wakanda
Wakanda adalah sebuah kerajaan di Afrika yang sebentar lagi akan tinggal landas untuk menjadi negara maju. Dahulu, Wakanda adalah negeri yang mengisolasi diri dari dunia luar. Namun, keadaan tersebut berbalik 180 derajat ketika ada sekumpulan meteor yang mengandung logam Vibranium jatuh di teritorial Wakanda. Dalam waktu singkat, Kerajaan Wakanda menjadi sejahtera karena pemerintah dan penduduknya memanfaatkan Vibranium untuk berbagai hal. Termasuk untuk membuat perisai Captain America.
Gambar : Vibranium Material Perisai Captain America
Vibranium adalah logam yang paling langka di bumi. Logam ini tiga kali lebih kuat daripada besi. Namun, Vibranium memilik berat 1/3 lebih ringan daripada besi. Oleh karena itu, Kerajaan Wakanda memanfaatkan kekayaan alam ini untuk industri pengolahan logam. Ekspor utama negara ini adalah pesawat terbang dan peralatan tempur yang terbuat dari Vibranium. Ekspor inilah yang membuat PDB Wakanda melonjak tajam.
Walaupun sistem pemerintahan di Wakanda adalah Monarki Absolut yang masih memegang teguh tradisi nenek moyang, 90% penduduk negara ini berpendidikan S1. Wakanda telah maju dalam hal teknologi pengolahan Vibranium, tetapi ada satu hal yang menghambat Wakanda untuk menjadi negara maju, yakni kemampuan statistikanya.
Wakanda memiliki biro statistik yang bernama Statistics Bureau of Wakanda yang menjadi pemegang data-data strategis Kerjaaan Wakanda. Sebagian besar pegawai pegawai Biro Statistik Wakanda (BSW) berasal dari Statistics Institute of Wakanda atau Institut Statistik Wakanda (ISW). ISW dibiayai penuh oleh pemerintah Wakanda untuk mencetak data scientist yang andal. Mahasiswa ISW tidak perlu membayar uang kuliah, bahkan mereka diberi uang saku sebesar 500 USD perbulannya. Mahasiswa ISW sangat ahli dalam menganalisis berbagai macam data. Seleksi untuk masuk ISW juga sangat ketat. Hanya orang-orang terpilih yang berhak masuk ISW.
Namun, dewasa ini, data keluaran BSW banyak diragukan oleh berbagai pihak. Termasuk dari DPR Wakanda, yang sering mengkritisi data yang dikeluarkan BSW. DPR Wakanda menyebut bahwa BSW sudah ketinggalan zaman. DPR Wakanda mengatakan bahwa BSW masih lambat dalam mengolah dan menganalisis data. Menurut DPR, lembaga survei independen sudah bisa mengeluarkan data inflasi setiap hari,  sedangkan BSW sampai sekarang masih mengeluarkan data inflasi sebulan sekali. Padahal, data inflasi adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengusaha Vibranium untuk menentukan kebijakan bisnisnya. Hal inilah yang membuat DPR Wakanda ingin membubarkan BSW.
Semua problematika ini terjadi karena 10 tahun lalu ISW tidak mengikuti gelombang revolusi pendidikan tinggi. Revolusi pendidikan tinggi adalah perkembangan yang sangat pesat dibidang pendidikan tinggi yang terjadi di Wakanda. Jadi, perguruan tinggi di Wakanda menggencarkan riset-riset untuk mendukung program pengolahan Vibranium. Tetapi ISW masih konsisten dengan metode pendidikannya yang masih menggunakan model ceramah dan mengerjakan soal seperti di SMA. ISW kurang melakukan riset-riset yang meningkatkan SDM mahasiswanya dalam mengkaji berbagai permasalah di negerinya. Saat universitas lain berlomba-lomba mengikuti Wakanda National Research Competition, ISW masih istiqomah mengerjakan soal-soal statistika yang ada dalam textbook dan tidak melakukan riset dibidang statistika.
Selain tidak mengikuti revolusi itu, gaya hidup Mahasiswa ISW cenderung hedonis. Hal ini terjadi terutama saat Mahasiswa ISW menerima uang saku 500 USD. Tanpa pikir panjang, mereka langsung ke mall terdekat untuk menghabiskan uang. Di lain sisi, mahasiswa universitas lain di Wakanda menggunakan uangnya untuk biaya research, mengukuti seminar dan membeli buku-buku referensi untuk meningkatkan SDM.
Masalah berikutnya adalah ISW menghambat kreativitas tiap mahasiswanya. Jadi, kegiatan kampus di ISW sangat terbatas dan kegiatan studi banding dengan universitas lain hampir tidak ada. Jadi, pola pikir Mahasiswa ISW berbeda jauh dengan mahasiswa universitas selain ISW. Singkatnya, Mahasiswa ISW canggih dalam hal menghitung, namun kurang greget dalam mempresentasikan hitungannya. Oleh karena itu, ketika pegawai BSW lulusan ISW presentasi di depan DPR Wakanda, banyak argumen yang terpatahkan, padahal argumen pegawai tersebut sesuai fakta. DPR Wakanda yang notabenenya adalah lulusan universitas yang mengikuti revolusi pendidikan, lebih kritis daripada pegawai BSW lulusan ISW.
Apabila BSW tidak melakukan inovasi, DPR Wakanda pasti akan membubarkan BSW dan jika BSW bubar maka ISW pasti akan bubar juga. Oleh karena itu, sudah selayaknya ISW melakukan terobosan revolusioner agar mahasiswanya tak hanya pandai menghitung dan mengerjakan soal, melainkan juga andal dalam presentasi. Sehingga ketika mereka menjadi pegawai BSW, mereka bisa menjawab perntanyaan-pertanyaan kritis dari DPR Wakanda. Langkah yang paling urgent dilakukan oleh ISW adalah menjadikan mahasiswanya sekritis universitas lainnya. Tentu langkah ini akan membuat Raja Wakanda, Black Panther, senang.
Gambar : Raja Wakanda, Black Panther

Statistisi ideal adalah statistisi yang bisa merekam keadaan di masyarakat melalui metode statistik yang benar dan tepat. Ditambah dengan analisis yang kuat dengan memasukkan disiplin ilmu lain dan bisa menjelaskan perhitungan statistiknya kepada masyarakat awam dan tentunya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan Raja Wakanda tentang data-data Vibranium.

Comments

Popular posts from this blog

Penjelasan Simpel Teori Rostow dan Harrod-Domar

Dalam Ekbang ada tuh yang namanya teori teori tentang pembangunan. Teori-teori itu berubah tiap dekade. Dulu yang paling populer dari tahun 1950-1960 adalah teori linier. Tahun 1970 teorinya digantikan oleh Teori Perubahan Struktural  dan Revolusi Ketergantungan Internasional. Dan yang lagi nge-Hitz di tahun 1980-1990 adalah teori kontrarevolusi neoklasik. “Lha kalo periode 2000-an teori apa dong??” “Alah ngga keluar di UTS bro” Yuk kita mulai........ Pasca Perang Dunia Kedua, teori-teori pembangunan ekonomi didominasi oleh empat aliran. Keempat pendekatan tersebut adalah: 1.        Model pertumbuhan tahapan linear 2.        Teori dan pola perubahan stuktural 3.        Revolusi ketergantungan internasional 4.        Kontrarevolusi pasar bebas neoklasik Kita sekarang akan lebih concern ke Teori Rostow dan Harrod-Domar Teori Tahapan Linear dan Pembangunan sebagai Pertumbuhan Model pertumbuhan tahapan l inear menekankan pentingnya penggunaan injeksi

Create T Test Function Manually with R (Uji T Menggunakan R)

Uji Hipotesis merupakan salah satu hal yang paling mendasar dalam statistika. Dalam uji hipotesis kita dapat menguji kebenaran sebuah pernyataan. Salah satu uji hipotesis adalah Uji T. Hipotesis ini menggunakan distribusi Student-t. Uji ini digunakan untuk jumlah sampel yang  ≤ 30. Berikut Hipotesisnya : H0 : µ1 = µ2 H1 : µ1 ≠ µ2 Berikut R Code-nya : Artinya : Kita percaya 95% bahwa kedua rata-rata sampel mempunyai nilai yang sama. Semoga Bermanfaat :) R Code ini disusun oleh : Alvian Ferandy Emutya Amalia Sutri Vininda Mohammad Ammar Alwandi Zaradia Permatasari Semuanya Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Zara, Ammar, Sutri, Emut Alvian