Skip to main content

Menebang Pohon Statistika

Di artikel sebelumnya gue pernah nulis kalau “The sexiest job in 21st century is statistician”. Nah, dibalik ke”sexy”-annya itu terdapat hal yang menarik. Menurut Forbes, statistika masuk dalam 15 jurusan paling berharga di pasar dunia. Apalagi disaat ekonomi pasar bebas seperti sekarang, dimana kemampuan untuk meramal/forecasting sangat dibutuhkan. Tentunya orang yang  bisa ngramal dengan akurat adalah statistisi dengan statistika-nya. Oleh karena itu, tak heran kalau statistisi dibayar mahal untuk melakukan hal ini.

Nah Masalahnya, Gimana Cara Mempelajari Statistika?


Mari kita simak gambar di bawah ini


Jika diibaratkan sebuah pohon dengan segala antek-anteknya. Ilmu Statistik/Statistika adalah keseluruhan pohon. Jadi gue namain pohon di atas pohon statistika. So, bila kamu pengen buat pohon yang bernilai tinggi yang tebal dan tinggi kayunya kamu harus melakukan beberapa treatment yaitu:

1.       Kuatkan Akarnya
Pohon tidak mudah ambruk walaupun diterpa angin yang kencang jika akarnya kuat. Akar dari pohon statistika adalah Aljabar Linier, Ilmu Peluang, dan Kalkulus I dan II. Semua ini merupakan bagian dari matematika kalo di SMA. Kalau sudah kuliah Aljabar Linier adalah bagian matematika yang membahas tentang matriks dan vektor. Ilmu Peluang membahas kemungkinan terjadinya suatu hal secara matematis. Lalu yang terakhir, kalkulus membahas konsep dasar perhitungan yang lebih advance seperti : limit, turunan, integral, dan lain-lain.

2.       Kuatkan Batangnya
Batang adalah alat transportasi nutrisi dari akar ke daun. Batang dari pohon statistika adalah Statistika Matematika dan Ilmu Sampling. Statistika Matematika adalah gimana cara dapetin rumus statistika seperti mean, median, modus, varians, standard deviasi, dan antek-anteknya menggunakan ilmu matematika. Jadi kalian ga penasaran datang dari mana semua rumus itu.
Lalu ilmu sampling atau bisa disebut Metode Penarikan Contoh adalah kelanjutan dari Ilmu Peluang. Statistika umumnya adalah meramal populasi dari secuil kecil sampel. Nah, Ilmu Sampling/MPC itu belajar gimana caranya ngambil sampel yang representatif terhadap populasinya.

3.       Hijaukan daunnya
Daun adalah tempat fotosintesis untuk menghasilkan energi. Daun di dalam pohon statistika ini adalah rumus-rumus statistika yang siap digunakan dan diintrepretasikan. Jadi, pastiin kalian tahu apa maksud dari rumus rata-rata, median, modus, dan kawan-kawannya. Dan tau juga kapan sebuah rumus cocok untuk digunakan terhadap suatu datanya.

Nah tentunya, sebuah pohon akan berkualitas tinggi apabila diberi dengan pupuk yang tepat. Begitupun dengan statistika, statistika adalah ilmu yang dinamis. Ilmu ini bisa dikaitkan dengan ilmu-ilmu lain. Sebuah hitungan akan lebih bermakna apabila kita tahu teori-teori dari ilmu lainnya dan mengaitkannya dengan statistik. Jadi, Pohon Statistika sangat dianjurkan untuk diberi pupuk ilmu ekonomi dan sosial ataupun dengan pupuk ilmu sains dan teknologi agar menjadi pohon yang berkualitas.

Jika pengen tahu penerapan ilmu statistik diberbagai bidang teman-teman bisa klik https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_fields_of_application_of_statistics . Statistika bisa diterapakan di ilmu sosial dan ilmu alam.

Setelah jadi pohon yang kuat dan sehat, tentunya sekarang waktunya panen. Panen pohon menggunakan kapak dan gergaji untuk dijadikan lumber (potongan kayu) dan kemudian siap diolah menjadi furniture, gazeboo, ataupun rumah dengan harga jual tinggi. Analog dengan statistika, misalnya, kita sudah tau teori ilmu ekonomi dan statistiknya. Informasi ini tentu harus dikapitalisasi dan diolah menggunakan software statistik seperti R ataupun Phyton. Semua ini dilakukan agar proses pengolahan data dapat dilakukan dengan cepat. Analog dengan pohon, tentu menebang pohon dengan gergaji lebih cepat dibandingkan dengan kapak.

Naah, sekarang kita telah mendapatkan lumber dari sekian lama proses panjang. Lumber itulah yang namanya Useful Information yang siap digunakan oleh tukang kayu untuk buat furniture, gazeboo, maupun rumah. Tukang kayu jika dianalogikan dengan pohon statistika adalah Pemerintah, Pengusaha, NGO, Akademisi, dan Masyarakat. Mereka bisa gunakan informasi yang telah diolah menjadi bahan pertimbangan melakukan sesuatu. Contoh : Pemerintah menggunakan informasi jumlah penduduk usia sekolah untuk dasar pertimbangan mengalokasikan Dana BOS, Pengusaha menggunakan informasi inflasi per bulan untuk menentukan kebjikannya, dan masyarakat menggunakan informasi tersebut untuk mengukur keberhasilan pemerintah dalam mengelola negara.
Banyak hal yang harus dipelajari dalam statistika, namun gue yakin kamu bisa melakukannya. 

Jangan ragu-ragu untuk pilih jurusan statistika!

Dan bagi teman-teman yang sudah masuk di jurusan statistika, bersyukurlah, because we will rule the world in the future !

nah btw, ini rumahnya udah jadi gengs :)
selamat beristirahat ;)


sumber gambar : google


Comments

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penjelasan Simpel Teori Rostow dan Harrod-Domar

Dalam Ekbang ada tuh yang namanya teori teori tentang pembangunan. Teori-teori itu berubah tiap dekade. Dulu yang paling populer dari tahun 1950-1960 adalah teori linier. Tahun 1970 teorinya digantikan oleh Teori Perubahan Struktural  dan Revolusi Ketergantungan Internasional. Dan yang lagi nge-Hitz di tahun 1980-1990 adalah teori kontrarevolusi neoklasik. “Lha kalo periode 2000-an teori apa dong??” “Alah ngga keluar di UTS bro” Yuk kita mulai........ Pasca Perang Dunia Kedua, teori-teori pembangunan ekonomi didominasi oleh empat aliran. Keempat pendekatan tersebut adalah: 1.        Model pertumbuhan tahapan linear 2.        Teori dan pola perubahan stuktural 3.        Revolusi ketergantungan internasional 4.        Kontrarevolusi pasar bebas neoklasik Kita sekarang akan lebih concern ke Teori Rostow dan Harrod-Domar Teori Tahapan Linear dan Pembangunan sebagai Pertumbuhan Model pertumbuhan tahapan l inear menekankan pentingnya penggunaan injeksi

Create T Test Function Manually with R (Uji T Menggunakan R)

Uji Hipotesis merupakan salah satu hal yang paling mendasar dalam statistika. Dalam uji hipotesis kita dapat menguji kebenaran sebuah pernyataan. Salah satu uji hipotesis adalah Uji T. Hipotesis ini menggunakan distribusi Student-t. Uji ini digunakan untuk jumlah sampel yang  ≤ 30. Berikut Hipotesisnya : H0 : µ1 = µ2 H1 : µ1 ≠ µ2 Berikut R Code-nya : Artinya : Kita percaya 95% bahwa kedua rata-rata sampel mempunyai nilai yang sama. Semoga Bermanfaat :) R Code ini disusun oleh : Alvian Ferandy Emutya Amalia Sutri Vininda Mohammad Ammar Alwandi Zaradia Permatasari Semuanya Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Zara, Ammar, Sutri, Emut Alvian

Biro Statistik Wakanda Akan Dibubarkan

Gambar : Bendera Wakanda Wakanda adalah sebuah kerajaan di Afrika yang sebentar lagi akan tinggal landas untuk menjadi negara maju. Dahulu, Wakanda adalah negeri yang mengisolasi diri dari dunia luar. Namun, keadaan tersebut berbalik 180 derajat ketika ada sekumpulan meteor yang mengandung logam Vibranium jatuh di teritorial Wakanda. Dalam waktu singkat, Kerajaan Wakanda menjadi sejahtera karena pemerintah dan penduduknya memanfaatkan Vibranium untuk berbagai hal. Termasuk untuk membuat perisai Captain America. Gambar : Vibranium Material Perisai Captain America Vibranium adalah logam yang paling langka di bumi. Logam ini tiga kali lebih kuat daripada besi. Namun, Vibranium memilik berat 1/3 lebih ringan daripada besi. Oleh karena itu, Kerajaan Wakanda memanfaatkan kekayaan alam ini untuk industri pengolahan logam. Ekspor utama negara ini adalah pesawat terbang dan peralatan tempur yang terbuat dari Vibranium . Ekspor inilah yang membuat PDB Wakanda melonjak tajam. Wal